b

agi kita orang biasa yang ingin menginvestasikan aset keuangan kita yang jumlahnya sekedarnya, yang kita lakukan untuk mendapatkan informasi mungkin dengan mengaduk-aduk internet atau bertanya kepada beberapa teman. Jika kita punya harta dan uang lebih, kita mungkin memakai jasa Perencana Keuangan atau menjadi nasabah Wealth Management di sebuah bank besar. Anda, akan mendapatkan advise dari financial planner, wealth manager, atau relationship manager untuk memahami kebutuhan investasi dan keuangan Anda. Dan, mereka akan membantu anda untuk memilih produk yang sesuai. Walau sering juga terjadi, Anda dibujuk untuk membeli produk yang mereka ingin jual.

Lalu, bagi Anda yang kaya raya? Dengan harta puluhan miliar atau lebih, anda bisa mendapat pelayanan ekstra dari Private Banking  sebuah bank. Beberapa bank memungkinkan anda untuk menjadi nasabah private banking dengan dana beberapa miliar saja. Dengan jasa private banking, anda akan mendapatkan pelayanan ekstra bahkan pelayanan pribadi yang tidak berhubungan dengan masalah keuangan. Anda juga mendapat akses yang lebih pada sumber daya bank.

Untuk Anda yang Super Ultra Kaya

Nah, bagaimana jika Anda super kaya dengan aset triliunan rupiah?  Kebutuhan dan kompleksitas keuangan Anda mungkin tidak dapat dilayani lagi secara optimal oleh bank. Apalagi urusan keuangan dan investasi Anda berkaitan dengan bisnis atau urusan keluarga Anda. Tentu Anda tidak ingin sembarangan orang ikut mengelola aset dan keuangan Anda, terutama dengan kesibukan dan status sosial Anda. Anda butuh privacy dan privilege.

Nah, bagaimana jika Anda super kaya dengan aset triliunan rupiah?

Jika demikian, Anda butuh Family Office yang menangani seluruh kebutuhan keuangan dan investasi Anda, termasuk masalah akunting, perpajakan, atau pun pengelolaan properti, mobil antik, yacht, lukisan, atau private jet Anda, dan lain-lain. Family office juga dapat  melayani berbagai kebutuhan gaya hidup keluarga Anda, mungkin mengatur perjalanan ke luar negeri, sekolah anak atau cucu Anda di California, medical check up di Sydney, dan lain sebagainya.

Rockefeller Family

Family office adalah sebuah tim yang khusus melayani pengelolaan dan perencanaan aset dan estate Anda, dan juga kebutuhan Anda yang lain, apa pun yang anda inginkan. Ingat Anda seorang yang super kaya. Tim ini tentu memiliki expertise di berbagai bidang, terutamanya investasi, tetapi juga akunting dan perpajakan, dan lain-lain. Family office bukanlah sebuah konsep baru. Bahkan sebelum jasa wealth management atau perencanaan keuangan tesedia bagi masyarakat luas, keluarga super kaya telah memiliki semacam  family office. Salah satu family office tertua di dunia adalah  family office keluarga Rockefeller, orang terkaya yang pernah ada dalam sejarah AS.

Family Office  berkembang cukup pesat dalam dekade-dekade terakhir. Walau tidak ada data yang pasti, karena aset family office tentunya dikelola secara sangat confidential, Bloomberg memperkirakan total aset kaum super kaya yang dikelola dalam bentuk family office  diperkirakan mencapai US$3triliun – $4 triliun. Jumlah ini diperkirakan lebih besar dari total aset Hedge Funds diseluruh dunia yang diperkirakan di bawah US$3 triliun.

Dengan demikian, tentu, family office menjadi sebuah pilihan karir juga bagi profesional investasi dan profesional keuangan lainnya. Mengingat, jumlah asset yang dikelola dan kaliber para kaum super kaya ini, pastinya kebutuhan investasi mereka cukup advanced dan kompleks. Banyak family office berinvestasi pada instrumen investasi yang sophisticated  seperti hedge fund dan private equity. Dengan demikian,  family office  juga membutuhkan profesional investasi yang sophisticated.

Sources: Andi Burnett, Bloomberg

Seiring dengan memudarnya pamor hedge funds dan perampingan di beberapa investment bank, karir di family office  menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian profesional. Tak salah, seorang mantan rekan kerja saya di Singapura kemudian berkarir di family office.

Multi-Family Office

Namun perlu diketahui, bahwa family office telah berkembang sedemikian pesatnya dan mengalami transformasi juga. Saat ini familiy office tidak hanya mengacu pada sebuah tim khusus yang didekasikan untuk mengelola aset sebuah keluarga super kaya, tapi juga telah berkembang apa yang dinamakan dengan multi-family office (MFO). Seperti namanya, tim investasi khusus ini tidak hanya mengeloa aset dari satu keluarga tapi beberapa keluarga. Sementara family office  yang seperti dalam konsep awal dinamakan Single Family Office (SFO).

Hal ini berkembang dari beberapa sisi. Yang pertama, adalah keluarga super kaya yang ingin menghemat biaya dan ‘mengajak’ keluarga super kaya lainnya untuk menggunakan family office dia. Kemudian, dari pelaku pasar sendiri, yang dari awal menyediakan layanan multi-family office  untuk menggarap keluarga super kaya, baik yang tidak mau menanggung biaya sendiri untuk sebuah family office, tetapi juga kaum super kaya yang ‘tidak terlalu kaya’. Sehingga, multi-family office dapat dikatakan semacam jasa “Premium atau Super Private Banking”. Apalagi, pemain-pemain utama di bidang Multi Family Office adalah bank-bank besar yang juga memberikan jasa Private Banking dan Investment Banking.

Jadi, jika Anda ternyata adalah Triliuner dan tidak menemukan cara yang tepat mengelola aset dan estate Anda selama ini, Anda sebaiknya mendirikan sebuah family office untuk keluarga anda, atau mengontak bank, investment bank, atau wealth management company yang menyediakan jasa family office.

 

Salam, RF – www.FrindosOnFinance.com


Feel free to share with buttons below. Thank you.

LEAVE A REPLY